TALENT IS NEVER ENOUGH

Gramedia.com

Judul Buku: The Maxwell Daily Reader
Penulis: John C. Maxwell
Hak cipta terjemahan bahasa Indonesia:
Penerbit PT Bhuana Ilmu Populer
Jumlah Halaman: 421

Talenta saja belum cukup untuk hidup baik. Demikian simpulan saya setelah membaca buku "The Maxwell Daily Reader" karya pakar kepemimpinan John C. Maxwell.

Keseluruhan buku berisi tentang poin-poin kepemimpinan. Poin yang harus dipraktekkan setiap hari.

Mengapa demikian? Maxwell menyadari bahwa kepemimpinan bukan merupakan kemampuan yang diperoleh sehari saja. Butuh waktu berhari-hari. Butuh latihan.

Buku ini mematahkan anggapan bahwa kepemimpinan hanya dimiliki oleh orang tertentu saja. Mitos yang terlanjur dipercaya banyak orang bahwa pemimpin dilahirkan. Sebuah talenta bawaan yang diberikan kepada orang tertentu sejak lahir.

Justru Maxwell menganjurkan, kalaupun ada orang yang memiliki bakat kepemimpinan sejak lahir itu belum cukup untuk menjadi seorang pemimpin sejati. Butuh proses latihan untuk meningkatkan bakat tersebut.

Poinnya adalah kalau anda mau menjadi pemimpin hebat anda mesti melatih diri setiap hari.

Ada tiga hal yang anda pelajari/latih untuk menjadi pemimpin dalam buku tersebut yaitu:

Mengatur diri sendiri. Kepemimpinan selalu mulai dari mengatur diri. Mesti mengatur diri dahulu. Pada tahap ini  sebagai calon pemimpin/pemimpin harus menyadari kelebihan dan kekurangan yang anda miliki. Kelebihan akan terus dipertahankan sedangkan kekurangan perlu dioptimalkan menjadi kekuatan.

Berikutnya membangun visi. Membangun tujuan dari kepemimpinan. Tidak ada pemimpin tanpa visi. Visi yang akan menjadi kompas bagi pemimpin. Mengarahkan pada cita-cita.

Hal berikutnya adalah membangun tim. Tim menjadi penentu bagi pencapaian visi dari pemimpin. Tanpa tim mustahil tujuan akan tercapai. Maka tim harus dibangun dengan baik.

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE