RIBUT-RIBUT DALAM PILKADES

Panitia Pemilihan Desa Benteng Tawa
Sajian dinamika menarik pemilihan pemimpin di negeri ini tidak saja terjadi dipusat ibu kota. Saat pemilihan presiden dan wakil presiden. Pemilihan Gubernur dan bupati. Pemilihan kepala desa juga menunjukkan hal yang sama. 

Desa paska dikukuhkan dalam UU Nomor 6 tahun 2014 menunjukan dinamika berdemokrasi berbeda. Pemilihan kepala desa yang biasanya merupakan proses biasa bagi masyarakat kini sudah berubah. 

Ini yang saya alami di desa Benteng Tawa, Kecamatan Riung Barat Kabupaten Ngada. 

Sebagai informasi Desa Benteng Tawa merupakan satu dari  60 Desa di Kabupaten Ngada yang akan mengadakan pemilihan  kepala desa serentak tahun 2018. 

Atmosfer yang berbeda itu nampak dalam diskusi tentang siapa yang pantas untuk memimpin desa. Adanya kesadaran untuk mengunakan hak pilih saat pencoblosan.  Juga diskusi tentang visi, misi dan program kerja dari kandidat kepala desa. 

Perbincangan tentang soal-soal ini paling sering saya temui di desa Benteng Tawa akhir-akhir ini. 

Saat berada di sawah, pasar bahkan pada momen sebelum dan  sesudah doa Rosario masyarakat antusias membahasnya.

Ini tanda demokrasi di desa Benteng Tawa bergerak kearah yang lebih baik. Paling tidak ini ukurannya. Ribut-ribut ditengah masyarakat memang semakin seru. 

Saya juga menemukan ada pihak yang berusaha untuk menurunkan tingkat demokrasi di desa. 

Saat diskusi tentang siapa jagoan ada oknum yang melakukan kampanye hitam. Mencari kesalahan dari lawan. 

Tindakan ini merupakan upaya membunuh karakter dari calon yang tidak mereka jagokan. 

Upaya tersebut sudah keluar dari proses mendewasakan demokrasi Indonesia dari skala yang paling kecil. Kalau pertarungan dalam demokrasi di desa sudah digeser poin perdebatannya. Bukan lagi pada adu program kerja, rekam jejak kepemimpinan. Maka demokrasi di desa akan semakin terbelakang. 

Bagaimanapun juga demokrasi harus bertumbuh kearah yang lebih baik. Dasarnya harus diletakkan dari bagian terkecil di NKRI yaitu desa. 

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE