DESA MAJU

Dokpri
Mewujudkan sebuah desa yang maju tentu bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Butuh perjuangan. Dukungan dari semua semua pihak. Begitupun dengan partisipasi dari warga desa. 

Kalau semua elemen di Desa dikerahkan untuk terlibat maka peluang untuk maju terbuka sangat lebar. Kemungkinan itu begitu besar. 

Nasihat lama yang mengatakan bahwa "kemajuan tergantung pada siapa pemimpin" sangat tepat dalam proses pemilihan kepala desa. Kemajuan sebuah desa akan sangat bergantung pada pemimpin. 

Demikian poin utama dalam kegiatan Bimbingan Pemantapan panitia pemilihan desa di Kecamatan Riung dan Riung Barat, 08 Oktober 2018. Kita semua yang peduli dengan desa juga sepakat bahwa kemajuan sebuah desa sangat ditentukan oleh pemimpinnya. Kepala desa. 

Kalau salah dalam memilih kepala desa maka selama enam tahun masa bakti, desa tidak berubah. Sebaliknya akan ada masalah yang datang silih berganti. 

Kepala desa adalah aktor utama kemajuan di desa. Semua pembangunan di desa akan dipimpin oleh kepala desa.

Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa harus ada bimbingan pemantapan. Pada pundak panitia dititipkan amanat dalam memfasilitasi terpilihnya pemimpin tersebut. Pemimpin yang bisa memberikan harapan baru bagi desa. Desa maju. 

Tentu panitia hanya memfasilitasi prosesnya. Selanjutnya ditentukan oleh masyarakat desa karena akan dipilih masyarakat. 

Panitia bertugas memfasilitasi proses yang baik agar menghasilkan calon kepala desa yang baik. Sedangkan masyarakat memiliki tugas memilih yang terbaik dari calon yang ada. 

Demi desa yang maju jangan sampai panitia menfasilitasi proses pemilihan yang gagal. Masyarakat juga jangan sampai memilih kepala desa yang tidak mampu, gagap teknologi dan jauh dari keinginan membangun desa.

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE