FASILITATOR MENULIS

Dokpri
Tiga tahun menjalankan tugas sebagai fasilitator lapangan ada banyak hal yang diperoleh. Baik keberhasilan maupun kegagalan dalam pendampingngan. Semuanya merupakan pengalaman yang menarik untuk dibagikan kepada orang lain.

Yang memiliki minat yang sama mungkin bisa belajar dari pengalaman tersebut. Begitupun sebaliknya pengalaman fasilitator lain bisa dipelajari untuk memperkaya diri. 

Proses saling belajar dari pengalaman ini akan sangat mudah diwujudkan kalau fasilitator mau saling berbagi dengan menulis. Menuliskan pengalaman tersebut baik melalui media sosial seperti Facebook, Twitter maupun Blog. 

Kalau para pendamping bisa melakukannya maka bisa dipastikan akan ada banyak sekali tulisan yang saling memperkaya dunia pendampingan masyarakat. Tulisan mendalam berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan oleh fasilitator. 

Harus diakui bahwa masih banyak fasilitator yang tidak mau berbagi pengalaman dengan cara menulis. Bahkan kalau dibandingkan dengan guru, gerakan menulis dikalangan guru lebih bergema ketimbang fasilitator. Untuk konteks ini mungkin ajakan fasilitator menulis kala pengaruh dibandingkan dengan gerakan guru menulis. 

Tetapi sebagai sarana pembelajaran bersama maka fasilitator harus menulis. Dengan demikian orang lain bisa belajar dari apa yang sudah pernah kita lakukan dan kita juga bisa belajar dari pengalaman orang lain tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE