MERUBAH MINDSET KPM


Dokpri Rakor PKH
Rakor PKH dan stakeholder terkait dalam membahas pelaksanaan program keluarga harapan sudah  terlaksana dari tanggal 13-14 Juli 2018. Semua pihak sudah berdialog tentang berbagai kendala dan solusi dalam pendampingan KPM.

Hal dominan yang paling sering dibahas dalam kegiatan rakor adalah upaya untuk meruah mindset dari KPM dalam melihat program keluarga harapan. Semua peserta bersepakatan bahwa pelaksanaan program keluarga harapan tidak saja berhenti pada pembangian bantuan uang.  

Ini penting untuk dipertegas kembali dalam kegiatan bersama keluarga penerima manfaat karena persepsi  sudah terlanjut terbentuk dalam masyarakat bahwa PKH adalah kelompok untuk mendapatkan uang dari pemerintah begitupun dengan berbagai sumbangan lainnya yang disebut sebagai bantuan komplementaritas.

Persepsi liar ini bertumbuh dimasyarakat baik yang menerima bantuan maupun yang belum menerima sehingga mereka berlomba-lomba untuk menjadi KPM PKH walaupun tidak memenuhi kualifikasi. Bahkan keributan kecil-kecilan atau protes-protes dimasyarakat erat kaitan dengan ini.

Sehingga kehadiran PKH ada hanya saat diberitahu pendamping untuk mengambil bantuan di lembaga penyalur bantuan (BRI). Selebihnya tidak. Kegiatan seperti pertemuan peningkatan kapasitas keluarga dan berbagai upaya pemberdayaan tidak ditanggap secara baik.

Kalau tipe KPM seperti ini maka jangan perna berharap KPM bisa sejahtera samapai masa berahirnya keanggotaan. Bias dipastikan bahwa mereka akan tetap miskin.

Ini bukan merupakan tujuan dari pelaksanaan program keluarga harapan. Masalah ini juga yang paling alot dibahas dalam rakor. Pada prinsipnya semua pihak yang terlibat dalam program bersepakat harus ada perubahan setelah ada pendampingan dengan program keluarga harapan.

Memang butuh waktu dalam menjalankannya. Namun ini tuntutan wajib bagi pelaksanaan program keluarga harapan. Prosesnya bisa secara bertahap dan butuh kesabaran. Prinsipnya ada perubahan mindset dalam bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan setelah menjadi KPM PKH, Jangan sampai tidak sama sekali. 



Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE