MENGUATKAN PENDIDIKAN MEMAJUKAN KEBUDAYAAN

Dokpri
2 Mei merupakan hari pendidikan Nasional Indonesia. Semua insan akan merayakan momen ini dengan berbagai cara.
Di media sosial orang-orang akan mengucapkan selamat hari pendidikan nasional kepada almamaternya, juga kepada guru-gurunya.
Dilingkungan pendidikan dan pemerintahan, 2 Mei akan diperingati dengan upacara bendera dan berbagai perlombaan.
Keberagaman cara merayakan ini menunjukan bahwa momen 2 Mei begitu besar bagi masyarakat Indonesia dan sangat sayang terlewatkan begitu saja.
Bagi saya kegembiraan 2 Mei sebagaimana disampaikan diatasi adalah "seremoni" belaka. Perlu ada tindakan yang berbeda sebagai bentuk penghayatan pendidikan itu sendiri.
Setidaknya ada dua hal yang perlu dihayati oleh semua orang yang peduli pendidikan. Hal tersebut tentu berkaitan dengan tema hardiknas 2018 "Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan".
1. Meningkatkan daya literasi bagi peserta didik. Sebagaiman kita ketahui bahwa negara Indonesia sangat tertinggal jauh dalam hal literasi. Padahal literasi menjadi kunci sebuah bangsa menjadi maju. Untuk itu momen hardiknas ini perlu dimanfaatkan secara bersama untuk meningkatkan semangat literasi tersebut.
2. Memperkuat kebudayaan Indonesia.
Ada banyak budaya yang hidup dan terpelihara dalam masyarakat. Ada banyak juga budaya yang hampir terlupakan dalam masyarakat. Budaya ini perlu dipelajari dan diwariskan dalam dari generasi ke generasi. Sekolah dan semua pihak yang berkaitan didalamnya perlu untuk memperkuatnya, perlu untuk menjaganya. Ini menjadi tanggung jawab bersama yang wajib dilakukan khususnya pada peringatan 2 Mei.
Dengan demikian perayaan 2 Mei akan benar-benar menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan. Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei 2018

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE