ANALISIS USAHA TANI

Aktivitas bertani bagi seorang petani bukan merupakan hal yang baru. Hari-hari hidupnya pasti akan selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan pertanian.
Tetapi kalau ditanya, apakah petani memperhitungkan semua hal yang berkaitan dengan usaha pertanian maka jawabannya sangat relatif. Sebagian besar tidak melakukan hal tersebut.
Bahkan ada yang mengatakan bahwa terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu melakukan analisa usaha tani. Akibat yang diperoleh, petani sudah merasa bersyukur sekali walau usaha yang dilakukan hanya bisa memenuhi titik pulang pokok. Kalau sudah untung satu dua juta bangganya minta ampun.
Usaha pertanian tanpa analisa usaha pertanian dalam waktu yang panjang akan berdampak pada tidak ada perubahan yang signifikan baik usaha dan kehidupan setiap petani.
Untuk itu petani perlu didorong untuk melakukan usaha pertanian di setiap usaha yang dilakukan. Konsep analisa usaha pertanian juga tidak perlu yang terlalu berbelit-belit, kalau perlu yang paling simple.
Analisa usaha tani sebenarnya berkaitan dengan perhitungan untung rugi dari usaha yang dilakukan.
Dalam proses analisa petani menghitung semua biaya (Satuan Alat Produksi, biaya tenaga kerja, biaya-biaya lainnya) dalam melakukan usaha tani. Semua hal tersebut dijumlahkan sehingga petani tahu jumlah keseluruhan pengeluarannya.
Selanjutnya petani juga memperkirakan besaran pendapatan yang akan diperoleh dari usaha tani tersebut. Petani melakukan perhitungan keuntungan kotor dari usaha tersebut.
Tahap terakhir petani menghitung keuntungan bersih dari usaha tani tersebut dengan cara melakukan pengurangan dari jumlah keuntungan kotor dengan jumlah keseluruhan pengeluaran.
Kalau usaha pertanian tersebut menghasilkan selisi yang besar antara pendapatan dan pengeluaran maka usaha tersebut pantas dilakukan sebaliknya kalau hanya bisa menutupi biaya pengeluaran atau titik pulang pokok maka petani mesti mempertimbangkan pelaksanaan usaha tersebut.
Bila perlu cari usaha yang lain yang mendapatkan keuntungan berdasarkan analisa usaha tani.

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE