PKH MENCIPTAKAN RAJA-RAJA KECIL DI DESA

Dokpri:Diskusi bersama PEMDES Benteng Tawa di Dusun Damu
Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga sangat miskin. PKH yang dalam pelaksanaannya memberikan bantuan kepada kepada rumah tangga sangat atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah  menciptakan raja-raja kecil di Desa.
   
KPM bertindak seolah raja yang mendapatkan perhatian secara khusus oleh pemerintah. Perhatian tersebut mala membuat KPM tidak berpartisipasi secara aktif dalam proses pembangunan di Desa. Apapun program pembangunan yang mebutuhkan keterlibatan dari masyarakat, KPM jarang untuk terlibat.

Bahkan KPM PKH memperkeruh situasi dengan membuat komentar-komentar bernada provokasi kepada sesama masyarakat “biar tidak terlibat dalam pembangunan, kami pasti akan terus dibantu oleh pemerintah melalui PKH”.

Tentu saja hal-hal seperti ini sangat berbahaya bagi proses pembangunan di desa. Arus protes ketidakpuasan akan semakin ramai terdengar.  

Kalau dibiarkan dalam waktu yang lama akan sangat berbahaya bagi kelansungan program maupun pembangunan di Desa. Hal ini perlu diantisipasi baik oleh pendamping SDM PKH maupun oleh pemerintah Desa. 

SDM PKH dan pemerintahan Desa mesti segerah menyamakan pemahaman ini. Bantuan bersyarat yang diberikan oleh PKH kepada keluarga sangat miskin bukan untuk memanjakan masyaraka sehingga KPM merasa sebagai bos yang akan terus diperhatikan pemerintah.

Bantuna bersyarat ini mesti dilihat sebagai stimulus yang membuat rumah tangga sangat miskin cepat keluar dari garis kemiskinan. Peserta PKH mesti menjadikan bantuna bersyarat ini sebagai kesempatan untuk semakin berpartisipasi secara aktif baik dalam pembangunan ekonomi rumah tangga maupun pembangunan di Desa.

Dengan demikian PKH menciptkan bos-bos kecil di desa adalah “gagal paham” yang perlu diluruskan oleh SDM PKH dan PEMDES agar KPM menjadikan bantuan bersyarat PHK sebagai stimulus bagi Rumah Tangga Sangat Miskin cepat keluar dari garis kemiskinan.



Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE