FORMALITAS RELASI

relasi.ci.id
Formalitas merupakan gejalah baru yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat. Segala sesuatu yang dilakukan terkesan formalitas belaka. Kalau dulu menyapa orang lain adalah sebuah keharusan karena  merupakan bagian dari etika, pada saat ini sudah tidak lagi. Yang dilakukan semuanya serba formalitas.

Menyapa orang adalah bentuk formalitas saja. Mengajak orang untuk mampir dirumahnya dan minum segelas kopi adalah formalitas juga. Begitupun berbagai hal lainnya.

Semua yang dilakukan bukan dengan sebuah niat tulus namun lebih pada, supaya orang lain mengetahui. Bahkan jangan berharap bisa meluangkan waktu bertukar pikiran karena kehadiran orang lain saja dianggap tidak terlalu penting.   

Hal ini hemat saya meruntuhkan padangan umum manusia sebagai makluk sosial. Yang dalam keberadaanya selalu membutuhkan orang lain. Sebagai makluk sosial sudah tidak penting lagi pada saat ini.

Banyak ahli yang memvonis fenomena ini sebagai dampak negatif dari kemajuan teknologi. Teknologi telah membuat manusia menjadi budak-budak baru. Manusia seakan lebih betah berlama-lama didepan teknologi daripada harus berurusan dengan orang lain. Ini yang menyebabkan semuanya serba formalitas.

Tentu saja merupakan anggapan yang sangat keliru. Bagaimanapun juga teknologi adalah alat yang digunakan oleh manusia. Banyak juga orang yang hidup dalam zaman yang penuh dengan perkembangan teknologi tetapi masih mampu melakukan hubungan sosial lebih dari sekedar formalitas.  


Formalitas atau tidak sebuah hubungan tentu saja tergantung dari manusia itu sendiri, termasuk pada saat ia mengunakan perkembangan teknologi tersebut. Kalau kita menjadi budak dari perkembangan teknologi maka kita akan serba formalitas. 

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE