TENGKULAK MENGUASAI PETANI

priskatandi.wordpress.com
Sampai dengan saat ini posisi petani masih terus terjepit. Keadaan tersebut paling banyak terjadi pada musim hujan seperti ini. Musim dimana petani melakukan aktivitas menanam dilahan garapan.

Situasi keterjepitan petani berawal dari ketidak adanya modal dalam menjalankan kegiatan pertanian. Saat seperti itu petani biasanya meminjam uang pada tengkulak dengan jaminan hasil panen.

Tentu saja ini merupakan sebuah keberuntungan untuk tengkulak. Ia dengan senang hati memberikan pinjaman dengan bunga tinggi. Peminjam/petani bukan tidak memahami akan hal tersebut namun mereka tidak memiliki pilihan lain.

Pinjaman dengan bunga tinggi tentu saja akan membuat tengkulak semakin menguasai. Bagaimana tidak? Modal pinjaman mereka akan dikembalikan secara utuh ditambah lagi dengan bunga pinjaman.

Bisa dibayangkan begitu besar jumlah keuntungan dalam satu siklus pinjaman. Bunga dan pokok pinjaman membengkak sedemian rupa.

Bisa dipastikan pada masa panen yang merupakan akhir siklus pinjaman tengkulak akan sangat berhak atas hasil usaha petani. Tengkulak bisa saja mengambil semua hasil usaha dari petani tersebut sebagai bentuk pelunasan terhadap pinjaman.  

Fenomena ini yang disebut "tengkulak menguasai petani". Tidak saja menguasai pada saat musim tanam namun menguasai pada saat memanen hasil usaha.    



Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE