FAMILY DEVELOPMENT SESSION

kemsos.go.id
Kegiatan peningkatan kemampuan keluarga merupakan salah satu bagian dari pendampingan terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan. Peningkatan kemampuan berupa pertemuan peningkatan kemapuan keluarga (P2K2) atau family Development Session (FDS) adalah kegiatan pertemuan bulanan yang dilakukan oleh pendamping PKH dan keluarga penerima manfaat.

FDS sebagaimana dikutip dari laman Dirjen Linjamsos, Kemensos adalah sebuah proses belajar bersama dalam peningkatan kapasitas. Kegiatan belajar bersama ini akan diisi dengan berbagai materi praktis tentang kesetan, pendidikan, ekonimi dan kesejahteraan keluarga.

Dalam pelaksanaan sebagaimana dikutip dari laman Dirjen Linjamsos berlaku pada keluarga penerima manfaat yang sudah memasuki masa transisi. Tahun kelima keluarga penerima manfaat mendapatkan bantuan tunai bersyarat.

Dari sisi waktu pelaksanaan tentu saja pemberlakuan FDS yang baru diterapkan pada tahun kelima tidak efektif! Petugas PKH hanya mempunyai dua tahun waktu pendampingan. Tentu akan kesulitan membuat keluarga miskin mandiri dan bisa keluar dari garis kemiskinan.

Bahkan ujungnya sudah bisa ditebak. Pada saat kegiatan resertifikasi KPM masih tetap dikategorikan sebagai keluarga miskin. Ujung-ujungnya mereka masih juga bergantung pada PKH.

Mestinya pelaksanaan FDS dilakukan sejak awal. Kalau demikian KPM juga akan didampingi sejak awal pula. Akan ada banyak waktu yang bisa digunakan oleh pendamping PKH dan KPM untuk berinteraksi dalam rangka peningkatan kemampuan.

Kalau FDS dilaksanakan sejak awal maka peluang KPM menjadi keluarga yang tidak miskin lagi setelah proses resertifikasi terbuka lebar. KPM bisa berbuat banyak dengan berbagai pengetahuan praktis yang sudah mereka peroleh dalam kegiatan family development session. FDS akan terbukti ampu sebagai strategi memerangi lingkaran kemiskinan melalui PKH.  



Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE