SELAMAT HARI GURU NASIONAL


Image result for hari guru 2017
sistemguruonline.com

Setiap tanggal 25 November bangsa Indonesia memperingati hari guru nasional. Momentum untuk mengenang pengorbanan dan jasa-jasa dari pelaku pendidikan dijagat nusantara. Hari yang semestinya semua orang mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu guru mereka. Apresiasi untuk semua jasa dan pengorbanan guru bagi kita. 

Pada peringatan hari guru ini, dalam posisi apapun kita, sebagai karyawan, pengusaha, PNS, TNI/POLRI dan penganggur sekalipun, kita mesti menyakini bahwa ini semua berkat upaya guru. Mereka yang dengan caranya telah membentuk kita untuk mencapai mimpi-mimpi. Sebuah masa depan yang lebih baik dari kemarin. Menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara. 

Secara nasional, kita memperingati hari guru dalam tema: membangun pendidikan karakter melalui keteladan guru. Tema yang kembali menegaskan batapa vitalnya peran guru dalam membangun karakter manusia dan bangsa Indonesia. 

Keteladanan menjadi poin utama dalam peringatan hari guru, bukan merupakan sebuah kebetulan. Menurunya karakteristik bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kemajemukan.  Masyarakat yang mengakui perbedaan meruapakan sebuah kegelisahaan bersama. 

Generasi muda yang merupakan pewaris juga mengalami hal yang sama. Beragam sajin berita dimedia masa banyak menunjukan indikasi generasi muda banyak yang tidak berkarakter.  

Untuk itu peran guru sangat dibutuhkan. Penegasan akan hal ini sudah dulakukan hari ini. Hal ini menjadi penting karena, ada keyakinan bahwa hampir sebagian besar karakter yang kita tunjukan pada saat ini merupakan bagian dari kita meniru yang dilakukan guru. 

Sederhananya apabila guru mencontohkan keterlambatan dalam memulai pelajaran maka anak didik juga akan menganggap biasa dalam urusan ketepatan waktu. Sebaliknya apabila guru membiasakan kedisiplinan waktu peserta didik juga pasti akan disiplin. Apabila bapak ibu guru membiasakan menghargai keberangaman maka generasi penerus juga akan menjunjung tinggi keberangaman tersebut. Keteladanan menangung porsi yang cukup besar dalam membentuk sebuah bangsa. 

Untuk itu pada momen hari guru ini, saya mengucapkan selamat hari guru untuk semua pendidik. Keteladananmu masih menjadi dasar dalam membentuk generasi Indonesia yang hebat.  



Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE