GELIAT LITERASI INDONESIA

Ilustrasi: medanbisnisdaily.com
Akhir-akhir ini kampanye literasi sangat mengema dalam masyarakat. Semua pihak mau terlibat dalam gerakan ini. Hal ini menunjukan bahwa geliat literasi di Indonesia memang sudah mulai bertumbuh. Juga meruapan sebuah tanda bahwa kelak masyarakat Indonesia tidak kala dengan bangsa lain dalam bidang literasi. 

Gerakan literasi merupakan sebuah gerakan untuk membuat semua orang sadar akan kegiatan literasi. Membuat anak-anak Indonesia dekat dengan kegiatan membaca dan menulis. 

Gerakan ini santer dilakukan oleh semua pihak. Gerakan literasi bertolak dari fakta minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah. Mengenai hasil survey tentang minat baca kita bisa menemukannya diberbagai media. Sudah banyak pemberitaan tentangnya. 

Fakta ini kemudian mendorong semua pihak untuk bergerak. Tidak hanya kerna hasil survey tapi kenyataannya memang minat literasi bangsa Indonesia rendah. 

Geliat ini mesti terus kita lakukan. Selain untuk mendorong minat literasi kita juga mau supaya bangsa Indonesia juga terkenal dimata dunia karena literasi. Karena untuk menjadi bangsa yang besar literasi juga menjadi ukuran. Masyarakat Indonesia kebanyakannya dekat dengan kegiatan membaca dan menulis. 

Kita tentu sudah tidak asing dengan istilah buku adalah jendela dunia. Kalau membaca buku maka akan mengetahui berbagai hal didunia. Dengan membaca juga akan menjadi anak-anak bangsa yang cerdas. Untuk itu minat baca ini harus didorong terus menerus. 

Begitupun dengan menulis. Menulis menjadi penting karena masih banyak hal indah dari Indonesia yang belum ditulis. Belum banyak dokumen sejarah Indonesia diarsipkan secara tulis. Untuk itu wajib menulis. 

Geliat literasi di Indonesia sudah ada tanda-tanda kehidupannya akhir-akhir ini.  Merupakan buah dari kerja keras semua elemen bangsa. Namun gerakan ini mesti terus dilakukan untuk menjadi sebuah budaya literasi. Dengan demikian bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dalam bidang literasi. 

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE