KESUKSESAN


gambar: Pixabay

Salah satu keinginan dari manusia adalah hidup dengan kesuksesan. Manusia menginginkan kebahagian dalam hidupnya dengan memiliki uang, bisa membelanjakan semua kebutuhan hidup, serta membahagiakan orang-orang sekitar ataupun orangtua. Bahkan banyak orang yang menjadikan kehagian sebagai tujuan dari perjaungan dalam kehidupan. 

Untuk mencapai kesuksesan yang dicita-citakan tentu saja membutuhkan sebuah proses pajang. Butuh perjuangan maksimal untuk mencapai hal ini. Namun tidak semua semua orang yang mempunyai tujuan kesuksesan mengetahui cara untuk mencapai kesuksesan atau mengetahui cara untuk bangkit dari masalah untuk mencapai kesuksesan. 

Hal ini juga yang dialami oleh teman kantor saya. Sebut saja namanya Nova. Nova yang merupakan seorang wanita pekerja ini juga memiliki tujuan atau mimpi kesuksesan. Dia juga punya keinginan agar mimpinya segerah terwujud. Namun ada satu hal yang selalu menghalanginya sehingga sudah dua tahun kerja ini belum ada tanda-tanda untuk mencapi mimpi tersebut. Padahal kami bekerja dalam sebuah lembaga yang memberihkan kebebasan yang seluas-luasnya untuk berkreasi diluar waktu kerja dalam mencapai mimpi tersebut. 

Masalahnya ada pada sikap  putus asa saat mengalami persoalan. Apabila ada persoalan kantor maupun persoalan keluarga yang datang maka ia lansung berputus asa. Hal tersebut bisa berlansung lama. Tentu saja ini sangat berbahaya untuk dirinya sendiri maupun untuk kantor tenmpat ia bekerja. 

Persoalan mudah putus asa dalam menghadapi persoalan yang ada sebenarnya bisa diatasi. Masalah ini kalau dibedah dari perspektif Jhon C. Maxwell dalam bukunya Failing Forward (mengubah kegagalan menjadi batu loncatan). Orang seperti nova dalam contoh kasus diatas adalah orang yang keliru dalam cara pandang terhadap masalah. Untuk itu Maxwal menawarkan perlu ada redefinisi tentang masalah dari orang yang cepat putus asa. 

Yang harus diingat dalam proses redefinisi masalah adalah bahwa semua orang tentu akan berhadapan dengan masalah atau kegagalan dalam mencapai tujuan. Cuma hanya orang orang memiliki pandangan masalah merupakan bagian dari kesuksesan yang bisa cepat bangkit dari masalah tersebut. Dengan demikian cara pandang kita terhadap masalah akan sangat menentukan kita bisa sukses atau tidak. 


Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE