SDN Waesaok

Dokpri

1 Januari 2015 bertepatan dengan perayaan tahun baru, pemuda Waesaok, Desa Benteng Tawa mengadakan diskusi pendidikan bersama seluruh masyarakat di kapela Lingkungan St. Maria Waesaok. 

Yang dibahas lebih banyak berkaitan dengan motivasi pendidikan: Mengajak orang tua untuk selalu mendukung pendidikan anak. Mendorong adik-adik pelajar untuk selalu rajin ke sekolah untuk mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). 

Juga mendorong tenaga pendidikan dari dua lembaga pendidikan SDN Waesaok dan SMPN 2 Riung agar tidak pernah lelah mendampingi peserta didik. 

Saat mendapatkan kesempatan bicara saya secara sengaja menyoal SDN Waesaok yang jarang mengajar, melatih dan mementas kebudayaan setempat (Budaya Riung) dalam kegiatan sekolah. 

Saya tidak bermaksud mengajak masyarakat berpikir kedaerahan (cukup memirkan budaya Riung saja). Maksudnya, mengajak lembaga-lembaga pendidikan yang ada untuk melestarikan budaya lokal juga. 

Mendengar kritik tersebut, seorang guru SDN Waesaok protes. "Masyarakat tidak bisa mengintervensi terlalu jauh keputusan sekolah," kata guru tersebut. 

Saya tidak memberikan respon lanjutan atas protes ini. Protes dari guru merupakan jawaban atas umpan balik dari persoalan tersebut. 

Benar saja, dua tahun terakhir saat berkunjung ke SDN Waesaok karena sebuah tugas saya menemukan banyak perubahan. Budaya setempat mendapat porsi yang baik dalam kegiatan sekolah. Guru dan siswa juga terlibat aktif dalam kegiatan seremonial kebudayaan di masyarakat. 

Saya kira SDN Waesaok memberikan bukti yang baik untuk mengelola kritik sosial. Kritikan dijadikan sebagai masukan untuk membenahi sekolah kearah yang lebih baik. 
Sebenarnya ini bukan hal baru dalam dunia pendidikan. Bagian dari kolaborasi antara sekolah dan komite. Bersyukur bahwa semakin membaik di SDN Waesaok belakangan. 

Saya kira, kolaborasi terjadi juga karena lingkungan memang sangat mendukung. Faktor keragaman anak sekolah, guru-gurunya dan masyarakat. Keragaaman asal daerah, profesi/pekerjaan dan latar ekonomi.


Krispianus Longan
SDM PKH RIMBA

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE