Sekolah yang Mendamaikan (2)

Dapodik SMPN 2
Pertimbangan SMPN 2 Riung dibangun di Waesaok adalah ketersediaan sekolah pendukung. Waesaok merupakan daerah strategis dan mudah dijangkau oleh beberapa sekolah pendukung diluar Benteng Tawa, yaitu: SD Inpres Alowulan desa Uluwae, SDN Ize desa Nginamanu Barat dan SDN Wongkoledu desa Mosi Ngaran.

Namun siapa sangka, sekolah yang mengantongi SK pendirian sejak 30 Desember 2002 dan dibangun dekat lokasi batas desa ini, kemudian berkontribusi bagi "persehatian batas". Itu terjadi 17 tahun kemudian, tahun 2019. 

***

Konflik batas desa sebagaimana saya singgung pada tulisan sebelum ini adalah persoalan batas wilayah administrasi antara desa Benteng Tawa dan desa Uluwae/Alowulan. Sekali lagi saya tekankan, batas wilayah administrasi desa. 

Mengapa persoalannya begitu berlarut-larut? Bagi saya, alasannya sederhana, tidak ada dialog sebelumnya antara dua desa yang bersengketa. 

Sehingga, ketika ada upaya mediasi persoalan ini, yang terjadi adalah proses klaim secara sepihak baik oleh desa Benteng Tawa maupun oleh desa Uluwae. 

Apalagi pada zaman dahulu, penentuan tanda batas menggunakan "batas alam" seperti, pohon dan bebatuan. 

Menjadi rumit karena batas alam ini sudah hilang bahkan dilenyapkan oleh penggarap yang membuka kebun baru disekitar lokasi perbatasan. Ketika ada penelusuran kembali, sudah tidak sesuai lagi. Akibatnya tidak ada jalan keluar. Dialog diantara dua desa ini tidak pernah terjadi lagi. 

Dalam kondisi yang demikian, saya kira kita harus bersyukur dengan kehadirannya SMPN 2 Riung yang menjalankan peran dialog. Prosesnya memang tidak secara langsung, tetapi melalui forum-forum di tingkat SMP seperti: sidang komite, juga pertemuan para orangtua. 

Pada forum-forum tersebut terjadi proses dialog lintas desa. Dan semua bersatu dalam kesepakatan bersama untuk kepentingan peserta didik SMPN 2 Riung di Waesaok. 

Proses yang terjadi selama 17 tahun secara tidak langsung berperan  dalam memuluskan persehatian batas yang terjadi pada tahun 2019 di BPMD P3A. Baik perwakilan desa Benteng Tawa maupun desa Uluwae tidak terlalu alot berdebat tentang titik perbatasan.

Ini karena mereka sudah saling mengenal satu dengan yang lainnya. Sudah ada dialog yang terjadi di forum-forum komite SMPN 2 Riung di Waesaok.

Belajar dari kasus ini,  saya menyimpulkan bahwa "Cara terbaik untuk mendamaikan masyarakat yang konflik berkepanjangan adalah membangun sekolah". 

Krispianus Longan 
Sumber foto: Data dapodik SMPN 2 Riung 
#batasdesa
#bentengtawa
#sdmpkh
#rimba

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE