Cerita Buku

Bahagia itu mudah dan Ilmiah
(Penulis: Denny JA)

Yang paling dicari oleh semua orang di dunia adalah kebahagian. Setiap orang giat bekerja, berolahraga, mengurus keluarga, menjalankan kegiatan beragaman, bersosialisasi, terlibat dalam komunitas, tujuannya adalah untuk kebahagiaan. 
Semua manusia berlomba-lomba untuk mencari kebahagiaan tersebut. Ini karena pada dasarnya semua manusia menginginkan kebahagiaan.  
Kebahagiaan yang kita usahakan pada saat ini sebenarnya merupakan pencarian sejak lama. Pada masa lampau, jawaban akan kebahagian bersumber pada spekulasi filsafat atau Wahyu dari langit. Bisa kita temukan dalam kisah: Janda Miskin yang Baik Hati, bisa juga ditemukan dalam dongeng-dongeng dalam masyarakat yang memiliki akhir yang membahagiakan/happy ending. 
Era modern, jawaban akan kebahagian itu tentu bersumber pada riset akademik. Ada berbagai macam hasil riset yang meneliti kebahagian seseorang. Tentu temuan riset tidak berarti menjadi pengganti agama atau filsafat hidup. Dalam bahasanya Denny JA, dua hal ini disebut sebagai "partner yang memperkaya" dan "filter yang menyeleksi aneka kebijaksanaan", kebahagiaan yang sudah berkembang sejak masa lalu. 
Denny JA menyajikan jawaban atas kebahagiaan dalam formulasi 3P + 2S. Lima pola pikir dan kebiasaan baru untuk hidup bahagia: Personal relationship, Positivity, Passion (3P), Small Winning dan Spiritual life 2 (S).
***
Saya kira buku ini menawarkan sudut pandang baru bagi siapa saja yang selama ini merasa belum bahagia. Kebahagian sebenarnya sederhana saja, terletak pada pola pikir dan kebiasaan yang kita lakukan setiap hari. 
Walau sederhana, banyak orang yang selalu berpikir rumit untuk kebahagiaan. Temukan cara bahagia yang sederhana dalam buku ini. 
***
Bagi teman-teman yang tertarik dan mau mendalami isi buku: Bahagia Itu Mudah dan Ilmiah, karya Denny JA; bisa inbox nomor WA atau email, saya akan kirim file PDF-nya kepada teman-teman. 

Salam Literasi.
Krispianus Longan

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE