INDONESIA RUMAH PANCASILA

1 Juni merupakan hari raya Pancasila. Perayaan tersebut merupakan peringatan terhadap pidato beberapa tokoh khususnya Bung Karno di depan BPUPKI tentang dasar negara Indonesia.
1 Juni kemudian dikenang sebagai hari lahirnya Pancasila, ideologi besar bagsa Indonesia. Dasar bagi kelansungan bangsa Indonesia yang sangat kompleks. Dengan Pancasila sebagai ideologi maka semua perbedaan tidak dipersoalkan. Semuanya sudah dirangkung dalam lima sila dari Pancasila tersebut.
Sedangkan ide mengenai rumah Pancasila baru dikemukakan beberapa tahun terahir. Gagasan ini dikemukakan oleh seorang dosen yang mengabdi di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) St. Ursula Ende, Aloysius B. Kelen.
Gagasan rumah Pancasila sebenarnya merupakan visualisasi dari kemajemukan Indonesia dalam sebuah bentuk fisik yaitu rumah. Sama seperti sebuah rumah yang dapar berdiri kokoh kalau ada perpaduan dari semua ramuan yang ada demikian pula bangsa yang besar ini.
Dengan demikian sebagai sebuah bangsa yang majemuk bangsa Indonesia harus menyadari bahwa ini merupakan rumah bersama bukan rumah kelompok tertentu, apalagi kepentingan manusia serakah, gila jabatan.
Pikiran mengenai rumah Pancasila sebenarnya sudah disadari betul oleh tokoh-tokoh Indonesia dalam sidang di depan BPUPKI. Pada saat ditetapkan menjadi Pancasila, ideologi bangsa maka tidak ada lagi penyangkalan tersebut.
Untuk itu pada perayaan hari Pancasila ini mari kita kembali mempertegas Pancasila sebagai idelogi bangsa dirumah bersama yang namanya Indonesia.
Indonesia yang bergam adalah rumah bersama. Rumah yang ramah dengan semua perbedaan karena Pancasila.

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE