BANALU RAKYAT

Gambar: FB Fasilitator Aktivis
Semakin dekat momentum pemilihan legislatif tahun 2019 semakin hiruk pikuk dunia perpolitikan kita. Agenda politik dari parpol maupun dari kandidat semakin nampak dan masif.
Kalau sebelumnya orang tidak terlalu peduli untuk berkunjung ke desa maka saat ini mereka beramai ramai menemui rakyat. Semua konsentrasi diarahkan kepada masyarakat di desa.
Masyarakat desa mendapat perhatian yang intens. Bukan karena mereka adalah aset yang berharga dalam proses pembangunan namun karena suara mereka dibutuhkan pada pileg 2019.
Ini skenario benalu. Mereka yang mau mengambil untung.
Skenario seperti ini memang sudah biasa dan masyarakat sudah banyak yang mengetahui. Namun bukan berarti praktik ini tidak dijalankan lagi, justru oknum tersebut datang dengan seribuh macam pembelaan.
Sebagai masyarakat/konstituen kita mesti cerdas mengantisipasi benalu rakyat ini. Dengan benalu, rakyat tidak perlu berdebat panjang, cukup paham saja apa filosofi dari benalu "mengambil keuntungan dengan mengorbankan orang lain" maka rakyat sudah harus bersikap seperti apa.
Dengan benalu tidak perlu berandai-andai, sudah pasti rakyat/konstituen hanya dimanfaatkan. Setelah mendapatkan hak mereka akan pergi entah kemana.
KK020618

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE