PUPUK SUBSIDI UNTUK SIAPA?

belajartani.com
Pada musim hujan seperti ini petani membutuhkan pupuk untuk tanaman di sawa. Pupuk dibutuhkan petani untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi. Dengan mengunakan pupuk maka petani akan mennghasilkan produktivitas sebesar delapan ton perhektar.  

Sebagaimana kita ketahui bersama, keberadaan pupuk yang bereda dipasar, ada dua jenis. Ada yang dijual dengan harga normal ada pula yang menjualnya dengan harga subsidi. Harga yang sangat dijangkau oleh masyarakat karena diberikan subsidi oleh pemerintah.

Tentu saja petani akan membeli pupuk yang disubsidi oleh pemerintah. Cara untuk mendapatkan pupuk subsidi juga sangat simple, petani yang bersangkutan menuju tempat penjualan pupuk menyampaihkan tujuan pembelian pupuk beserta besaran lokasi, tempat sawah (masuk dalam hamparan apa misalnya hamparan wakalope di Desa Benteng Tawa) selanjutnya pihak pengecer akan mencocokkan data yang ada dengan data mereka. Kalau sudah cocok maka pengecer akan menjual pupuk murah tersebut kepada petani.

Namun yang terjadi pada tahun 2018 justru berbeda, seakan semuanya dipersulit. Paling kurang dialami oleh petani desa Benteng Tawa dan Benteng Tawa I. Keluhan akan sulitnya mendapatkan pupuk subsidi sangat sering disampaikan oleh mereka. 

Saat petani menuju pengecer pupuk, mereka malah diberitahu bahwa nama mereka tidak terdata sebagai petani yang memiliki usaha dibidang pertanian sawah. Padahal hampir semua masyarakat Desa Benteng Tawa dan Benteng Tawa I bermata pencaharian sebagai petani. Kalau ini belum mempan maka akan muncul dalil-dalil lain yang sengaja dibuat misalnya tidak menanam dengan sistem legowo diciptakan oleh distributor supaya petani tidak mendapatkan pupuk.  

Karena tidak ingin berdebat petani kemudian membeli pupuk yang tidak bersubsidi. Kalau demikian pupuk subsidi yang sudah diadakan dengan jumlah yang sama dengan jumlah petani untuk siapa?  Dugaan kuat ini semua sengaja diskenariokan untuk mendulang keuntungan yang berlimpah dari oknum-oknum tertentu.  



Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE