KURSUS MENULIS BUKU

pixabay.com
Beranda Facebook saya menginformasihkan bahwa akan ada pelatihan menulis buku bagi siapa saja yang akan mengikuti kelas menulis. Pelatihan ini dilakukan secara online dimana peserta akan dibimbing oleh penyelengara pelatihan beserta ahli dibidang penulis.

Dalam pelatihan tersebut peserta diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang diberikan seputaran menulis. Peserta juga diberikan kesempatan untuk berkonsultasi dengan narasumber seputaran penulisan. Sebelum bergabung peserta diminta untuk menyetor dahulu biaya pendaftaran yang cukup besar.

Sebagai orang yang tertarik dengan dunia literasi saya pada awalnya menyampaihkan ketertarikan untuk bergabung dengan hal ini. Langkah berikutnya saya melakukan konfirmasih dengan pihak yang menyelengarahkan kegiatan.

Dari berbagai pesan konfirmasih saya menyimpulkan beberapa hal yang pada akhirnya menurungkan niat untuk bergabung dalam kelas tersebut.

Penyelenggara sangat berorientasi pada uang. Indikasi yang mendukung hal tersebut adalah: Peserta yang akan terlibat dalam kelas pelatihan diminta untuk segerah mendaftarkan kepesertaanya terlebih dahulu. Bagi penyelengara hal ini sangat penting karena merupakan syarat mendapatkan username dan password. Bahkan penyelengara memberi kesempatan hari ini dengan harga yang cukup mahal sedangkan kesempatan lain diperoleh hari berikutnya dengan kenaikan harga.

Ini yang membuat saya curiga dengan pelatihan ini. Jangan sampai paskah melakukan transfer mereka malah tidak memperhatikan peserta lagi.

Selain itu ada sebuah pembodohan terhadap peserta yang akan terlibat dalam pelatihan. Penyelengara seolah-olah ingin memberitahukan bahwa paska pelatihan peserta sudah bisa menghasilkan banyak karya termasuk buku. Padahal sebagaimana kita ketahui bersama  bahwa menulis adalah sebuah proses belajar seumur hidup yang mesti terus dilatih.


   

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE