PERENCANAAN AWAL TAHUN

definisimu.blogspot.com
Hidup merupakan sebuah rahmat yang patut disyukuri. Hidup adalah sebuah berkat yang hanya terjadi sekali bagi semua manusia. Namun hidup akan tidak berarti apa-apa kalau manuasia tidak membuat hidup menjadi menarik.

Ada banyak cara membuat hidup menjadi menarik. Setiap orang juga memiliki caranya masing-masing untuk membuat hidup menarik. Salah satu hal yang lazim dibuat orang adalah merencanakan kehidup tersebut. Apalagi perencanaan dibuat pada awal tahun.

Merupakan sebuah kegiatan yang sangat baik untuk setiap orang. Hal ini tentu saja akan mempermudahkan dalam melakukan evaluasi pada akhir tahun nanti (baca evaluasi akhir tahun).

Membuat perencanaan awal tahun berarti kita bermimpi tentang apa saja yang akan dilakukan, digapai, dibelanjakan atau lain sebagainya pada tahun yang akan datang. Semua hal yang kita bayangkan untuk dilakukan mesti dibuat dalam sebuah daftar kemudian dituliskan secara baik.  

Dalam menulis mimpi ini kita sebaiknya yang merupakan perencanaan tersebut, tidak perlu ragu. Lebih fatal lagi kalau sampai membuat takut bermimpi. Setiap orang bebas untuk bermimpi.  

Mimpi-mimpi tersebut kemudian dijabarkan menjadi rencana pada tahun berjalan misalnya pada tahun 2018. Supaya lebih muda mimpi-mimpi tersebut diklasifikasikan dalam kelompok-kelompok misalnya dibidang pendidikan, pertanian dan peternakan, wisata dan lain-lain.

Kalau memungkinkan dalam keluarga bisa dibuat sebuah mimpi bersama juga. Mimpi ini merupakan kumpulan dari mimpi-mimpi setiap orang. Mimpi tersebut kemudian disusun menjadi rencana keluarga pula. Sehingga semua orang akan tahu apa saja yang harus diperoleh dalam tahun berjalan. Hal ini akan menghantarkan keluarga dalam satu tujuan yang sama.


Hidup tanpa mimpi akan melahirkan kehampaan untuk itu bermimpilah tentang hidupmu. Susun itu secara baik sebagai bagian dari perencanaan awal dirimu atau keluarga dalam setahun. Selagi masih awal tahun silakan mencoba. 

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE