GAJI

merdeka.com
Tahun baru akan selalu memberi harapan bagi setiap orang. Tahun yang baru juga membuat begitu banyak mengantungkan harapan. Ada yang berharap bisa segera menikah. Bisa membeli kendaraan baru atau bisa berlibur ketempat wisata baru.

Bagiku seorang pencari kerja ditahun baru ini, saya berharap memperoleh pekerjaan dengan gaji yang mencukupi kebutuhan.  

Sebagai orang yang baru saja menyelesaikan pendidikan diperguruan tinggi akhir tahun lalu, saya tentu saja berharap untuk segera terserap dalam dunia kerja. Harapan ini wajar saja karena semua orang berharap bahwa pendidikan yang sudah digapai bisa membuat semua orang mudah mendapatkan pekerjaan.

Fakta berupa keterbatasan lapangan pekerjaan membuat peluang untuk bekerja tidak seperti yang diharapkan. Terjadi kompetisi yang begitu kuat antara semua lulusan dunia pendidikan untuk memperoleh pekerjaan tersebut.

Bersyukur karena sudah terpilih menjadi orang pilihan dari penyedia lowongan pekerjaan. Namun dengan mendapatkan pekerjaan bukan berarti masalahnya selesai. Hal ikutan berikutnya adalah gaji. Walaupun saya harus bersyukur karena sudah mendapatkan pekerjaan namun jumlah gaji juga sangat menentukan saya nyaman bekerja disebuah tempat atau tidak?

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa banyak penyedia kerja memberikan gaji yang tidak sebanding dengan beban kerja kepada karyawannya. Jangankan layak untuk setiap karyawan, mendekati upah minimum saja sudah sangat jarang.

Pemberi kerja akan memanfaatkan sulitnya ketersediaan lapangan pekerjaan. Hal tersebut tentu akan membuat orang-orang yang dibayar tidak setimpal tidak banyak berulah. Kalau ada yang nekat untuk melakukan protes maka akan dikeluarkan seenaknya dan digantikan dengan orang lain yang lagi mencari pekerjaan.

Demikian curahan hati sahabat saya seorang pencari kerja yang baru diterima bekerja disebuah lembaga. Hanya ada satu nasihat untuk sahabatku ini “kalau anda berorientasi pada uang/gaji maka jangan menjadi pencari kerja melainkan pencipta lapangan kerja”.



Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE