EVALUASI AKHIR TAHUN

Akhir tahun merupakan waktu keluarga. Semua orang yang biasanya sibuk dengan berbagai aktivitas kini bisa seharian berada dirumah.

Tentu saja karena selalu berada dirumah maka ada beragam aktivitas yang mungkin bisa dilakukan. Hal utama yang paling sering dilakukan adalah persiapan menyambut tahun baru.

Selain aneka persiapan menyambut tahun baru ini ada satu hal yang juga sering dilakukan dalam keluarga saya yaitu evluasi capaian selama tahun berjalan. Akhir tahun ini saya dan keluarga mengevaluasi progress yang sudah dicapai dan berbagai kendala yang dialami selama tahun 2017.

Poin pertama yang dievaluasi adalah keuangan keluarga. Pada tahap ini bendahara keluarga akan melaporkan semua sumber pendapatan yang diperoleh baik rutin maupun tidak rutin dalam setahun. Selain pendapataan bendahara juga melaporkan semua pengeluaran keluarga.

Dari laporan pemasukan dan pengeluaran ini semua anggota keluarga akan melihat sejauh mana neraca keuangan keluarga. Apakah positif atau sebaliknya. Kami sekeluarga bersyukur karena pada tahun anggaran keluarga 2017 keuangan keluarga stabil. Tidak mengalami kelebihan atau kekurangan.  

Hal kedua yang dievaluasi adalah pendidikan anggota keluarga. Kebetulan dalam keluarga ada anak yang sedang berda dibangku kuliah dan SLTA maka kami mengevaluasi pendidikan mereka. Keluarga mengunakan raport pendidikan dan nilai hasil ujian semester sebagai parameter. Selain itu keluarga juga memberikan umpan balik kepada kedua peserta didik dalam keluarga. Kendala-kendala dalam dunia pendidikan yang mereka alami pada akhirnya dicarikan solusi secara bersama.

Dalam evaluasi akhir tahun juga kami berdiskusi tentang soal keliling yang sudah dilakukan oleh keluarga misalnya dibidang pertanian dan peternakan, sosial kemasyarakatan dan berbagai hal lainnya. Semua kendala yang diperoleh dievaluasi secara bersama begitupun dengan keberhasilan disyukuri secara bersama. 
hubinsmktarunabhakti.wordpress




Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE