AYO TANAM KAYU-KAYUAN

Dokpri: Kebun Kayu, Bpk. Paulinus Tompang 


Kebutuhan akan kayu sebagai bahan industri pabrik maupun indusri rumah tangga terus meningkat dari tahun ketahun. Permintaan akan kayu sebagai bahan dasar untuk pembuatan kertas terus dibutuhkan sejauh manusia masih terus menggunakan kertas. Demikian pula dalam industri rumah tangga, kayu akan terus dibutuhkan untuk pembuatan rumah.

Peningkatan permintaan kayu sebagai bahan baku pada saat ini tidak sebanding dengan jumlah kayu yang ditanam oleh masyarakat. Selain karena masyarakat terlena dengan persediaan kayu. Masyarakat juga belum berpikir sisi bisnis dari menanam kayu.

Dokpri 
Walaupun membutuhkan waktu yang lama dari proses penanaman sampai proses panen. Kayu memilki sisi manfaat bisnis yang besar. Dari sisi pendapatan rata-rata kayu siap jual dibeli dengan harga mahal oleh pengusaha. Untuk satu pohon kayu saja pembeli sudah berani membeli dengan harga Rp. 1.000.000. Apabila kita menanam 100 pohon saja dalam lahan garapan maka saat panen akan memperoleh uang sejumlah Rp. 100.000.000. Sebuah angka yang cukup fantastik bukan!

Dari sisi lingkungan tentu akan memperoleh banyak manfaat yaitu: bisa memperbaiki kesuburan tanah. Apalagi tanaman kayu tersebut ditanam dilahan kritis. 

Semakin banyak kayu yang ditanam maka gas karbondioksida akan semakin banyak terserap. Bisa mengurangi pemanasan global. Menanam kayu juga bisa membuat tersedianya sumber mata air baru.


Maka dari itu menanam kayu-kayuan merupakan salah satu potensi bisnis yang sangat menguntungkan. Sudah saatnya kita melirik potensi ini untuk dikembangkan. Manfaatkan lahan kosong/lahan tidur yang masih banyak.  
Dokpri: Kebun Kayu Wakalope, Benteng Tawa 

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE