SENYUM TOPI

Wilem Woko, Anggota Kelompok Saate

Minggu pertama dalam bulan adalah waktu kerja kelompok. Semua anggota kelompok yang terlibat dalam program produktivitas kakao berkelanjutan sudah berkumpul di lokasi demplot, guna melaksanakan belajar bersama atau yang lebih dikenal dengan sekolah lapang. 

Seperti biasanya kegiatan SL, semua angota kelompok akan mensharing perkembangan penerapan materi, teknologi dan praktik-praktik lapangan yang sudah dibahas pada kegiatan sebelumnya. Berbagai masalah selalu punya solusi dalam kegiatan SL kelompok.
SS di kelompok Bina Kerja

“Ada sesuatu yang spesial dalam SL kita kali ini” kata saya memulai percakapan dengan anggota kelompok. Pada SL kali ini saya akan membagikan bapak/ibu anggota kelompok masing-masing satu topi. 

“Terima kasih pak, kami senang mendapatkannya” kata petani sambil mencoba topi yang baru dibagikan. 

“Semoga topi baru dapat membuat bapak/ibu tidak kepanasan bekerja di kebun kakao”, lanjut saya. Di topi yang bapak/ibu kenakan ada pesan “AYO RAWAT KEBUN”, lakukan itu dikebun masing-masing.

“Tentu saja pak” lanjut anggota kelompok sambil senyum-senyum sendiri karena mendapatkan topi baru.  

Itulah senyum topi. Sebuah senyum ketulusan dari anggota kelompok di desa-desa dampingan program produktivitas kakao berkelanjutan. Senyum ketidakyakinan/tidak percaya bisa mendapatkan topi baru karena profesi sebagai petani kakao.  

Hasil SS dikempok Fonga Sama

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE