SUPERVISI

Ixerv.com
Setiap organisasi pasti kenal dengan istilah supervisi. Sebuah kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh atasan pada bawahan. 

Supervisi bertujuan untuk melihat sejauh mana capaian program sebuah organisasi yang dikerjakan oleh perangkat organisasi. Kegiatan seperti ini biasanya dilakukan oleh team managerial/staf inti sebuah organisasi. 

Pada saat supervisi team managerial akan melihat capaian program tersebut bersama staf begitupun masyarakat yang merasakan. Hasil dari sebuah supervisi adalah rekomendasi perbaikan. Baik berupa strategi untuk mencapai program, metode, kerja sama kemitraan atau berbagai hal penghambat lainnya. 

Sebuah supervisi akan bergasil kalau pihak-pihak yang terlibat dalam program dilibatkan semuanya. Pimpinan kantor atau managerial mesti menyampaikan hal tersebut secara terbuka kepada staf yang bertugas dilapangan begitupun dengan masyarakat. 

Hal ini sangat penting agar tidak melahirkan sebuah asumsi yang bersifat pribadi dari orang yang melakukan supervisi.  Asumsi tersebut tentu saja akan bersifat sangat subiektif sekali. 

Hal ini juga akan menimbulkan ketidak adilan sebuah pengawasan. Manamungkin kita bisa menilai sebuah perubahan yang sudah tercapai hanya dalam beberapa hari kegiatan supervisi. Apalagi tidak ada konfirmasi dari pihak yang merasakan atau pihak yang menjalankan program. Untuk itu keterbukaan dari team managerial yang melakukan supervisi menjadi sangat penting.

Selain team manageri staf yang bertugas juga harus jujur dengan apa yang sudah dikerjakan. Kejujuran tersebut sangat penting untuk bisa mengukur sejauh mana progres yang sudah tercapai. Kejujuran staf tersebut yang akan melahirkan rekomendasi yang akurat. Rekomendasi supervisi juga bisa membantu staf lapangan untuk memperbaiki kinerjanya. Sebuah perbaikan berdasarkan pada evaluasi yang sesuai dengan fakta. 

Masyarakat juga perlu dilibatkan dalam supervisi. Mereka adalah subjek dan objek dari program. Semestinya semua pertimbangan dalam sebuah kegiatan supervisi berdasarkan pada pendapat dari masyarakat. Karena mereka yang paling merasakan program tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

SDK Rupingmok

SDN Munting

SABANA OLAKILE